Senin, 26 November 2012

Sains


Dari perkuliahan filsafat ilmu saya dapat merefleksikannya dari pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan Dosen kami, antara lain:
1.      Apa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mata pelajaran Kimia SMA
2.      Hubungan Sains dan Teknologi
3.      Kriteria keberhasilan pembelajaran sains
Tanggapan:
1.  Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mata pelajaran Kimia SMA sesuai dengan Badan Standar Pendidikan Nasional antara lain:
1.      Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4.      Memahami hukum dasar dan penerapannya, cara perhitungan dan pengukuran, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi
5.      Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolitnon elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
6.      Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)
7.      Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

2.  Hubungan sains dan teknologi
Sains dan Teknologi adalah institusi manusiawi; artinya Sains dan Teknologi adalahkarya yang dilahirkan manusia. Maka tanpa adanya manusia kedua karya tersebut juga tidak akan ada. Namun ada beda fundamental antara kedua institusi tersebut. Perbedaannya terletak  pada sumbernya.
Sains itu sendiri secara umum didefinisikan sebagai pengetahuan (knowledge)  yang didapatkan dengan cara sistematis tentang struktur dan perilaku dari segala fenomena yangada di jagad raya dan isinya, baik fenomena alam maupun sosial. Sementara itu, teknologimerupakan aplikasi dari sains sebagai respons atas tuntutan manusia akan kehidupan yanglebih baik.
Perkembangan sains dan tekonologi yang semakin canggih dan pesa dewasa ini,sejatinya harus berbanding lurus dengan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sebab sains lahir dari kaum ilmuwan yang akhirnya berpengaruh pada kemajuan teknologi. Kendati dalam perkembangannya, adakalanya teknologi memicu adanya perkembangan sains. Kedua-duanyamempunyai hubungan ikat yang sangat erat dan saling menguntungkan.

3.  Kriteria keberhasilan pembelajaran sains
Secara umum kriteria keberhasilan pembelajaran adalah: (1) keberhasilan peserta didik menyelesaikan serangkaian tes, baik tes forma-tif, tes sumatif, maupun tes ketrampilan yang mencapai tingkat keberhasilan rata-rata 60%; (2) setiap keberhasilan tersebut dihubungkan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan oleh kurikulum, tingkat ketercapaian kompetensi ini ideal 75%; dan (3) ketercapaian keterampilan vokasional atau praktik bergantung pada tingkat resiko dan tingkat kesulitan. Ditetapkan idealnya sebesar 75 %.


 

 Gambar 1. Manajemen Kegiatan Pembelajaran Tuntas




Tidak ada komentar:

Posting Komentar